Materi-materi fiqih yang diajarkan di sekolah sebagian besar adalah materi ibadah praktis yang bisa kita temukan dan kita jalani dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misal, wudhu, shalat, puasa. Sehingga sebenarnya, kita tidak asing lagi dengan materi-materi tersebut. Namun, ada memang bebera materi yang masih cukup asing bagi siswa. Bukan berarti siswa tersebut belum pernah mendengar, melainkan karena belum pernah mengamalkannya, yakni Haji dan Umrah. Kesulitan dan tantangan yang dihadapi para guru fiqih adalah bagaimana membuat proses pembelajaran yang enak sekaligus efektif. Dalam hal materi Haji dan Umrah, saya selalu menyempatkan mengajak siswa waktu untuk menonton video Manasik Ibadah Haji dan Umrah. Sebab saya menyadari, mengimajinasikan proses perjalanan ibadah haji di tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sungguh tidak gampang.


Dalam kesempatan ini saya ingin membagikan tayangan-tayangan tersebut di sini agar bisa di nikmati dan dipelajari lebih luas, bukan hanya oleh siswa MTs Al-Falah Jatinangor, tetapi yang semua muslim tentu ingin naik Haji dan menjalankan Umrah dan karenanya penting juga untuk belajar bersama.

Video berikut ini dibuat oleh Pemerintah Arab Saudi dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sehingga mudah dipahami.

Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah Bagian 1

Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah Bagian 2

Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah Bagian 3

Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah Bagian 4

sumber: youtube.com