ᮏᮔᮍᮔ᮪ ᮞ ᮘᮓᮌ ᮙᮠᮛᮏ (|᮱᮴᮸᮲|-|᮱᮵᮲᮱|) ᮊᮅᮌᮜ᮪ ᮓᮔ ᮕᮞᮞ᮪ᮒ
ᮘᮒᮒᮜᮞ᮪. ᮆᮒ ᮕᮞᮞ᮪ᮒ ᮊᮕᮌᮂ ᮒ ᮃᮚ ᮓ ᮘᮧᮌᮧ ᮒᮕ ᮊ ᮊᮝᮛ. ᮓᮔ ᮆᮒ
ᮕᮞᮞ᮪ᮒ ᮓᮞᮘᮒ᮪ᮊᮔ᮪ ᮦᮔ᮪ ᮞ ᮘᮓᮌ ᮙᮠᮛᮏ ᮦᮂ ᮛᮏ ᮔ ᮑᮊ ᮊᮊᮝᮞᮃᮔ᮪ ᮓ
ᮕᮊᮃᮔ᮪ ᮕᮏᮏᮛᮔ᮪ (ᮛᮒ ᮠᮏ ᮓ ᮕᮊ᮪ᮝᮔ᮪ ᮕᮏᮏᮛᮔ᮪). ᮌᮜᮔ ᮜᮝᮂ ᮒ ᮠᮏ,
ᮌᮙᮔ᮪ᮒ ᮊᮔ ᮊᮜᮌᮠᮔᮔ (ᮓᮝᮞ᮪ᮒ): ᮕᮘ ᮌᮛ ᮦᮝᮒᮕᮔ, ᮞ ᮘᮓᮌ ᮙᮠᮛᮏ, ᮞ
ᮞ ᮛᮒ ᮦᮝᮒ, ᮞᮒ ᮞᮕᮛᮔ᮪ᮒᮧᮞ᮪ ᮕᮕᮞ᮪ ᮕᮘ ᮛᮒ.
Pernah melihat tulisan seperti diatas?
Jika kamu pernah berkunjung ke kota Tasikmalaya kamu mungkin pernah melihat tulisan yang mirip seperti itu. Itulah yang dinamakan dengan aksara sunda.
Dalam rangka ikut melestarikan budaya sunda, maka kali ini saya pun memposting tulisan ini.
Aksara sunda sebenarnya pernah saya pelajari bebrapa sks sewaktu kuliah dulu, naumun karena jarang dipakai dan dilatih, kemempuan saya untuk membaca dan menulis aksara itu pun hampir hilang sama sekali.
Sebenarnya aksara sunda itu sudah masuk ke dalam kurikulum pada siswa SMA/MA. Karena itu pula alangkah bergunanya jika font aksara sunda ini dapat dipakai oleh khalayak termasuk para siswa guna menunjang proses pembelajaran.

Aksara sunda yang akan menjadi titik berat pembahasan saya kali ini adalah aksara sunda yang telah melului proses unicode.
Apa itu unicode?
Unicode adalah standar industri dalam pengkodean karakter yang dirancang untuk memungkinkan teks dan simbol dari semua sistem tulisan di dunia dapat ditampilkan dan dimanipulasi secara konsisten oleh komputer. Dengan diakuinya suatu aksara tradisi oleh Unicode dan telah dipenuhinya semua standar Unicode oleh sistem aksara tradisi tersebut, maka aksara tradisi tersebut secara otomatis dapat tampil dalam perangkat lunak apa pun yang memiliki perangkat pengolahan kata (word processor).
Sejak April 2008, aksara Sunda sudah resmi masuk ke dalam Unicode. Hal yang diperlukan untuk implementasi lebih lanjut dari status Unicode Aksara Sunda adalah aspek-aspek yang terkait dengan standar Aksara Sunda dan font terkait. Penyusunan buku Direktori Aksara Sunda untuk Unicode ini antara lain bertujuan untuk penyempurnaan Aksara Sunda standar berikut font terkait sebagai implementasi Unicode Aksara Sunda. Dengan telah resminya Aksara Sunda masuk ke dalam Standar Unicode, maka kini Aksara Sunda sudah sejajar dengan aksara tradisi lainnya di Indonesia yang sudah lebih dahulu diakui oleh Unicode, yaitu: Aksara Bali, Aksara Bugis, dan Aksara Rejang.
Dengan adanya unicode ini aksara sunda unicode sudah dapat digunakan pada berbagai flatform. Contohnya saja pada ms office, open office, mozilla, dan yang lainnya.
    Kembali lagi ke aksara sunda unicode. Jika ingin menggunakan aksara sunda itu dalam komputer ikutilah langkah-langkah berikut.
  1. Download file aksara sunda.rar disini dan ekstraklah hingga menjadi folder aksra sunda.
  2. aksara sunda folder
  3. Buka folder font dan copy font sundanese latin dan sundanese unicode ke directori C:\WINDOWS\Fonts.
  4. copy fontnya copy font paste di C:\WINDOWS\Fonts paste font
  5. Buka folder papan tombol dan klik dua kali icon SundaKb1_i386 (Windows instaler).
  6. instaler
  7. Setelah selesai akan muncul language bar seperti gambar dibawah. Pilihlah Indonesia untuk mengaktifkan font aksara sunda.
  8. pil indonesia
  9. Setelah memilih indonesia dimanapun kamu mengetik pasti berupa aksara sunda.
  10. diamnapun mengetik akan ada aksara sunda
  11. Khusus untuk pada microsoft office pilihlah dulu font sundanese uncode sebelum mengetik.
  12. pil dulu font
  13. Jika font sundanese unicode tidak dipilih maka tulisan akan tapak seperti gambar di bawah ini.
ancur
Slamat mencoba. Wilujeng nyobian.