M
embuat data yang berupa tabel memang lebih mudah dikerjakan menggunakan program Microsoft Excel. Selain jendela ms excel sudah dalam bentuk kotak-kotak atau berupa sel yang memudahkan membuat tabel, ms excel juga dapat dengan mudah mengolah data-data yang dimasukkan baik berupa angka maupun kata. Secara umum atau default di excel ketika membuat tabel, maka tabel tersebut akan berupa garis-garis tabel berwarna hitam. User bisa mengatur besar kecilnya garis tabel tersebut.

Selain dapat mengatur tebal tipis atau besar kecilnya garis tabel, user dapat pula mengatur warna tabel menjadi warna yang lain selain hitam. Dengan demikian tampilan tabel yang anda buat akan kelihatan berbeda dengan tabel-tabel lain dan juga terlihat unik. Cara mengganti atau merubah warna garis tabel di microsoft excel dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

  1. Blok atau seleksi tabel yang akan diganti atau dirubah warna garisnya
  2. Tekan Ctrl+1 pada keyboard untuk membuka jendela Format cells.
  3. Pada jendela yang muncul, klik tab Border.
  4. Pada opsi color, klik pada tombol dropdown automatic kemudian pilih warna yang dikehendaki.
  5. Untuk mengaplikasikan warna pada tabel, Setelah memilih syle pada line (garis) klik pada garis di border pada tab yang sama. Untuk mengaplikasikan pada semua garis tabel klik pada preset yaitu Outline dan inside. Jika sudah klik OK

  6. Maka warna garis pada tabel di ms excel akan berubah sesuai dengan warna yang telah anda pilih.

Jika garis yang dirubah warnanya adalah garis tertentu saja, anda dapat melakukannya dengan cara :
  1. Pada tab Home klik tombol dropdown pada border kemudian pilih Line Color dan klik salah satu warna yang anda kehendaki.

  2. Maka kursor mouse anda akan berubah menjadi gambar pensil. Klik pada salah satu atau beberapa garis yang ingin anda ubah warnanya.
  3. Sekarang garis tabel anda akan mempunyai warna yang anda kehendaki.