I
con progres biasa ditambahkan untuk lebih mempermudah pembacaan sebuah data tentang progres data tersebut terhadap data yang lain. Progres sebuah data bisa disebutkan sebagai meningkat, menurun atau tetap. Dalam dunia bisnis, mengetahui progres sebuah keuntungan, penghasilan atau produksi sangatlah penting untuk diketahui, misalnya terjadi peningkatan, penurunan atau tetap tidak terdapat perubahan. Dengan mengetahui progres tesebut, maka akan bisa dianalisa dan dievaluasi terhadap kinerja bisnis tersebut untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan yang ada. Dengan demikian kerugian akan bisa ditekan seminimal mungkin setelah dianalisa dan diketahui letak kesalahannya.

Pada microsoft excel, anda bisa dengan mudah menambahkan icon progress pada data disebuah cell dengan mudah. Icon progress yang tersedia bermacam-macam bentuknya dan dengan warna-warna yang sesuai dengan keadaan progress tersebut. Misalnya jika progresnya meningkat, icon berupa panah akan menunjuk ke atas dan diberi warna hijau. Jika menurun maka icon progras akan menunjuk ke bawah dan berwarna merah.

  1. Cara menambahkan icon progress disamping data pada cell di ms excel dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.
  2. Blok cell yang akan diberi icon progress.
  3. Pada tab home, group menu Styles pilih Conditional Formatting.
  4. Pada menu yang muncul, pilih icon sets kemudian pilih jenis dan bentuk icon progres yang anda kehendaki. Terdapat pilihan icon directional, icon shapes, icon indicators dan icon ratings.

  5. Untuk menentukan pengaturan nilai pada progress silahkan klik More rules.
  6. Pada jendela yang muncul atur jenis icon dan value yang anda gunakan untuk menentukan naik, tetap atau turun pada icon, value dan type. Jika sudah klik OK

  7. Maka data anda sekarang sudah ditambahkan icon progress dan akan lebih mudah untuk dianalisa.

    Progress bar di ms excel
  8. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.