Soal dan Pembahasan : Getaran dan Gelombang

IPA Fisika Kelas 8 Semester 2

Soal 1


Perhatikan grafik simpangan gelombang terhadap waktu pada gambar di atas! Jika jarak AB = 250 cm, tentukan cepat rambat gelombang tersebut!

sumber soal : Modifikasi Soal UN SMP Tahun 2010/2011

print this pagePrint Halaman Ini

Soal dan Pembahasan Latihan UN 2012

Ujian Nasional (UN)  tahun 2012 jenjang SMP memang baru akan digelar tanggal 23 – 26 April 2012 mendatang. Banyak upaya yang dilakukan agar peserta didik dapat mengikuti UN dengan baik dan memberikan hasil maksimal hingga dinyatakan lulus sesuai dengan kriteria kelulusan yang ada.  Salah satu upaya yang dilakukan adalah diadakannya latihan UN bagi siswa kelas 9.
Berikut adalah cuplikan soal dan pembahasan latihan UN tahun 2012 yang telah dilaksanakan oleh SMP Negeri 2 Pegandon (tempat saya mengabdikan diri) beberapa waktu lalu.

print this pagePrint Halaman Ini

[Download] Permendikbud, POS UN, Kisi-Kisi/SKL, Tanya Jawab, dan Slide Presentasi UN Tahun Pelajaran 2011/2012

UN 2012 Selang beberapa hari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengeluarkan Kisi-Kisi UN Tahun Pelajaran 2011/2012  untuk jenjang SD-MI dan SMP-MTs-SMPLB, SMA-MA-SMALB, SMK, sekarang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui BSNP telah mengeluarkan peraturan (PERMEN) dan juknis terkait pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2012. Peraturan dan juknis tersebut adalah Permendikbud No 59 tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggara Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional,  POS UN SD_MI, POS UN SMP SMA SMK , SK BSNP tentang Kisi-kisi dan kisi-kisi, Tanya-jawab-UN, Presentasi-Sosialiasi UN Tahun Pelajaran 2011/2012.
Bagi yang mau mendownloadnya silahkan klik link berikut ini:

print this pagePrint Halaman Ini

Kisi-Kisi UN Tahun Pelajaran 2011/2012

UN 2012Pemerintah akan menggelar Ujian Nasional tahun 2012. Adapun Jadwal UN Tahun Pelajaran 2011/2012 direncanakan akan berlangsung dengan jadwal sebagai berikut:
UN untuk tingkat SMA/MA akan berlangsung pada 16-19 April 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 23-26 April.
Untuk jenjang SMP/MTs dan SMPLB, UN akan dilaksanakan pada 23-26 April 2012, dan UN susulan akan berlangsung pada 30- 4 Mei 2012.
Sedangkan untuk jenjang SD/MI/SDLB UN akan digelar pada 7-9 Mei 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 14-16 Mei 2012.
Hasil UN tingkat SMA/MA dan SMK akan diumumkan pada 24 Mei 2012. Tingkat SMP/MTs, SMPLB dan SMALB pada 2 Juni 2012. Sedangkan untuk pengumuman kelulusan UN tingkat SD menjadi kewenangan setiap provinsi.
Buat para siswa yang akan mengikuti UN 2012 dan rekan-rekan pendidik berikut ini saya posting Kisi-Kisi UN Tahun Pelajaran 2011/2012  untuk jenjang SMP/MTS yang saya dapatkan dari laman Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)

print this pagePrint Halaman Ini

SILABUS RPP AGAMA MI/MTs

Semua file RPP-Silabus dalam format PDF. Jika anda belum mempunyai Acrobat Reader silakan anda klik gambar dibawah untuk mendownload Acrobat Reader




print this pagePrint Halaman Ini

Prota dan Promes SD/MI Versi Ms.Word

Prota Promes SD/MI
(Program Semester / Program Tahunan)

Kelas 1
Kelas 2
Kelas 3
· Fiqih
· Fiqih
· Fiqih




print this pagePrint Halaman Ini

Mudahnya Mempelajari Bunyi


Kita sering mendengar bunyi atau suara. Misalnya suara kentongan, orang bernyanyi dengan nada tinggi, sedangkan yang lain mampu menyanyikan lagu nada rendah. Alat music gitar, piano, terompet. mengapa bunyi alat-alat music tersebut berbeda meskipun dimainkan dengan nada yang sama? Biasanya kita melihat kilat, sesaat setelah mendengar bunyi petir, mengapa demikian? mengapa kita dapat bersuara?
Dalam waktu yang singkat dengan mempelajari materi ini, kalian akan mampu :
1.    Membedakan bunyi Infrasonik, Ultrasonik, dan Audiosonik.
2.    Memahami karakteristik gelombang bunyi.
3.    Menjelaskan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Menghitung laju bunyi.
Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari.

print this pagePrint Halaman Ini

Energi dan Daya Listrik

Materi
Pada judul materi Listrik Dinamis telah kita pelajari bahwa besar kecilnya kuat arus listrik dan tegangan listrik dalam rangkaian tergantung dari besarnya hambatan yang terpasang dalam rangkaian. Variasi rangkaian hambatan akan menghasilkan variasi nilai kuat arus dan nilai tegangan yang diinginkan. Adakah hubungan antara besar kecilnya hambatan alat yang terpasang dalam rangkaian dengan energi listrik yang digunakan?
Bagaimanakah hubungan antara energi listrik dan besarnya hambatan alat?
Perlukah kita memikirkan cara-cara penghematan energi listrik dari pemilihan alat-alat listriknya? Bagaimanakah langkah-langkah penghematan energi listrik yang mudah?
Semua pertanyaan di atas akan terjawab setelah kita mengikuti kegiatan berikut ini.


print this pagePrint Halaman Ini

Proses Terbentuknya Harga

Pengertian Harga
Coba kalian perhatikan pada gambar! Apa yang sedang dilakukan ibu tersebut? Sepertinya ia sedang menawar sayuran.

print this pagePrint Halaman Ini

Permintaan dan Penawaran


Pengantar
Dalam kegiatan ekonomi akan terjadi perbedaan tingkat harga barang yang erat kaitannya dengan permintaan, penawaran dan harga. Hal ini menggambarkan adanya jalinan hubungan ekonomi antara produsen (Penjual) dan Konsumen (Pembeli)

print this pagePrint Halaman Ini

Proklamasi Dan Proses Terbentuknya NKRI

Sinopsis
a.      Urutan kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia antara lain sebagai berikut;
peristiwa menyerahnaya Jepang kepada sekutu, perbedaan pendapat golongan tua dan golongan muda, peristiwa Rengasdengklok, penyusunan teks proklamasi dan pembacaan naskah proklamasi.
b.      Penyebar luasan berita proklamasi melalui kantor berita Yoshima, radio dan surat kabar.
c.      Urutan kronologi terbentuknya NKRI antara lain sebagai berikut ; UUD 1945, pemilihan presiden dan wakil presiden, pebentukan departemen, Komite Nasional Indonesial Pusat dan daerah, pembentukan BKR,
d.      dukungan spontan rakyat terhadap proklamasi antara lain; dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan rapat raksasa dilapangan IKADA Jakarta.

print this pagePrint Halaman Ini

I am Not Well (Reading & Listening)

Bahasa Inggris
   Kelas VIII
Kompetensi
Basic Competency and Indicators
Basic Competency:

Listening:
To respond the meaning from transactional conversation (to get things done) and simple interpersonal conversation accurately, fluently and acceptably for interacting with environment involving expressions of: requesting, giving, refusing an offering, refusing a thing, disobeying a fact, asking and giving an opinion.

print this pagePrint Halaman Ini

My Experience (Reading & Writing)

Bahasa Inggris
   Kelas VIII
Kompetensi
 
Kompetensi & Indikator
Standar Kompetensi : Membaca

  1. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
  2. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

print this pagePrint Halaman Ini

Unforgetable Experience (Reading & Writing)

Bahasa Inggris
   Kelas VIII
Kompetensi
Kompetensi Dasar

    • Siswa dapat mengidentifikasi langkah retorika dan ciri kebahasaan teks berbentuk recount
    • Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang sesuai dengan kata kerja yang tepat.
    • Siswa dapat menyusun kalimat Past Tense.
    • Siswa dapat menyusun kalimat dalam satu functional text.
    • Siswa dapat menyusun paragraph recount.


Materi

Generic Structure
RECOUNT
A recount text tells the reader past events. It usually focuses on a person’s past experience, so it usually uses the words I or we.
The structure of the text is :
  1. The orientation : tells the readers who was in volved in the story, what happened, where the story took places and when it happened.
  2. The event is in a squence of events. These are described in order.
The reorientation summaries the event.
Wonderful Experience
ORIENTATION            I got a very wonderful experience last holiday. My friend Ezra and I went hiking to Salak mountain. We went there by bus first, then we walked along the path to the peak of the mountain. It was a small mountain. There were many people hiking too. It a sunny day but we didn’t feel hot. The air was fresh and clean.
EVENT           We hiked through the forest. At midday we took a rest and had lunch under a big tree. After lunch, we continued our journey. Ezra brought a fishing rod so when we came to a stream, we stopped. Ezra fished and I just laid down beside him. I felt so sleepy. I felt sleepy. I didn’t know how long I slept. Ezra woke me up.
REORIENTATION           Ezra looked happy, he got a lot of fish. He said that he wanted to give the fish to his mom. In the afternoon we wentwas a really nice day. home. It
Ket.:
teks hijau = kata kerja (verbII)
teks biru = kata bantu (to be)
FUNCTIONAL TEXT
A functional text is used for everyday information. It is called functional because it helps you function in your day-to-day life. For example, if I wanted to make chocolate chip cookies, I would read a recipe. If I wanted to know my friend’s phone number, I would look in a phone book. If my English teacher gave a test, I would need to read the directions.

Grammar
How do we make the Simple Past Tense sentences?

In Simple Past Tense, we use:
Past form only

Or
Auxiliary did + base form

Here  you can see examples of the past form and base form for irregular verbs and regular verbs:

V1
base
V2
past
V3
past participle
description
Regular verb work
explode
like
worked
exploded
liked
worked
exploded
liked
The past form for all regular verbs ends in –ed.
Irregular verb go
see
sing
went
saw
sang
gone
seen
sung
The past form for irregular verbs is variable. You need to learn it by heart.



You do not need the past participle form to make the simple past tense. It is shown here for completeness only.

CATEGORY
EXAMPLES
Verbs which don’t change cut-cut
hit-hit
fit-fit
Verbs which change their vowels get-got
sit-sat
drink-drank
Verbs which change completely catch-cought
bring-brought
teach-taught

Simple Past Tense talks about actions that happened in the past.
Subject (S) They, We, I, You, She, He, It
Time Signal (TS): Last ...
                          Yesterday
                          ... ago
                          This morning

PAST TENSE
EXAMPLES AND FORMULAS
Positif (+)
I         began           my homework         last night
S  +       V II        +       O/C         +            TS
Negatif (-)
She       did not          do             her homework            two days  ago
S      +  did not   +      VI      +          O/C              +            TS
Interrogative (?)
Did      you    meet        your teacher        yesterday?
Did  +    S  +    V1 +           O/C        +          TS



print this pagePrint Halaman Ini

Recount -- Ayrton Senna

Pendahuluan
Kenalkah dengan pembalap-pembalap di atas?  Berikut akan dibahas biografi dari salah satu pembalap tersebut yaitu: Ayrton Senna. Biografi adalah salah satu jenis text recount . Teks ini menceritakan rentetan kejadian atau peristiwa yang terjadi di waktu lampau, yang mempunyai struktur teks sebagai berikut: orientation, event, dan re-orientation. Dalam materi ini juga akan dibahas verb II yang digunakan dalam recount text, degree of comparison, dan ejaan serta  penulisan recount yang benar.

print this pagePrint Halaman Ini

Garis Singgung Lingkaran


Kompetensi
Kompetensi Dasar
Siswa dapat : Mengidentifikasikan dan Menghitung Panjang Garis Singgung Lingkaran

Materi

Pengantar
Garis Siggung Lingkaran
Lingkaran merupakan bentuk bidang datar yang mempunyai unsur-unsur, yaitu jari-jari, diameter, busur, tali busur, juring, tembereng dan apotema. Selain itu juga terdapat sudut pusat, sudut keliling, keliling lingkaran dan luas lingkaran. Unsur-unsur tersebut berada di dalam bidang lingkaran. Apakah ada unsur lain yang berkaitan dengan lingkaran, tetapi berada di luar bidang lingkaran?

print this pagePrint Halaman Ini

Aritmatika Sosial

 
Kompetensi Dasar
Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana

Indikator
Siswa dapat :
1. Menentukan harga jual dan harga beli
2. Menentukan besar dan persentase laba dan rugi
3. Menentukan rabat, bruto, neto dan tara
4. Menentukan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi

print this pagePrint Halaman Ini

Download Video Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII


Gejala Alam biotik Dan Abiotik

print this pagePrint Halaman Ini

Download Video IPA Kelas VII


Besaran Dan Satuan

print this pagePrint Halaman Ini

Gerak pada Tumbuhan

Pendahuluan

putri maluPerhatikan gambar tumbuhan putri malu (Mimosa pudica) di samping ini! Tumbuhan ini umumnya tumbuh di antara rumput-rumputan. Mungkin secara tidak sengaja, kalian pernah menyentuhnya. Apakah yang terjadi pada daun-daun tumbuhan tersebut setelah tersentuh? Tumbuhan putri malu akan segera mengatupkan daunnya satu per satu. Mengatupnya daun-daun putri malu setelah tersentuh merupakan salah satu ciri makhluk hidup (organisme) yang ditunjukkannya, yaitu bergerak. Gerak yang terjadi pada tumbuhan disebabkan oleh adanya rangsangan yang diterimanya, baik dari faktor dalam maupun dari faktor luar. Gerak ini terjadi dengan sangat lambat, tetapi memberikan petunjuk pula bahwa tumbuhan memiliki kemampuan untuk menanggapi rangsangan atau memberikan reaksi terhadap rangsangan yang diterimanya (iritabilitas). Pada tumbuhan putri malu tersebut, rangsangan yang diterimanya adalah sentuhan. Sentuhan menyebabkan terjadinya respon pada tumbuhan, berupa gerakan mengatupkan daun-daunnya. Ada berbagai macam pengaruh rangsangan yang diterima dan direspon oleh tumbuhan. Inilah yang akan kita pelajari pada bahasan ini.

print this pagePrint Halaman Ini

Sistem Gerak pada Manusia

Pengantar

Gb. Kerangka manusia
Manusia memiliki kemampuan untuk bergerak dan melakukan aktivitas, seperti berjalan, berlari, menari dan lain-lain. Bagaimana manusia dapat melalakukan gerakan ? Kemampuan melakukan gerakan tubuh pada manusia didukung adanya sistem gerak, yang merupakan hasil kerja sama yang serasi antar organ sistem gerak, seperti rangka (tulang), persendian, dan otot.
Fungsi rangka (tulang) adalah sebagai alat gerak pasif, yang hanya dapat bergerak bila dibantu oleh otot. Berdasarkan bentuknya tu – lang dibedakan menjadi tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, sedangkan berdasarkan pada zat penyusun dan sturkturnya tulang dibedakan menjadi tulang rawan dan tulang keras.
Fungsi persendian adalah menghubungkan antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya.
Fungsi otot adalah sebagai alat gerak aktif, yang dapat menggerak- kan organ lain sehingga terjadi suatu gerakan.

print this pagePrint Halaman Ini

Sistem Pernafasan pada Manusia

Pendahuluan
Bernafas dapat diartikan sebagai proses menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Ada 2 proses yang terjadi saat bernapas, yaitu menghembuskan dan menghirup udara.  Dalam proses bernafas gas oksigen menjadi zat yang sangat penting karena pada hakekatnya tujuan dari bernafas itu adalah bagaimana tubuh memperoleh oksigen untuk proses pembakaran bahan makanan dalam tubuh.
Proses bernafas sangat tergantung pada organ pernafasan, mekanisme dari proses pernafasan dan seberapa besar jumlah udara pernafasan sehingga sistem pernafasan berlangsung dengan baik di dalam tubuh manusia. Untuk itu mari kita pelajari uraian berikut ini!

print this pagePrint Halaman Ini

Vertebrata

Pendahuluan
Vertebrata merupakan kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Hewan vertebrata dibagi menjadi lima kelas, yaitu: pisces (ikan), amphibia (amfibi), reptilia (reptil), aves (burung), dan mamalia (hewan menyusui). Masing-masing mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Peranannya di dalam kehidupan ada yang menguntungkan ada pula yang merugikan.

print this pagePrint Halaman Ini

Dunia Tumbuh-tumbuhan (Kingdom Planetae)

Klasifikasi Dunia Tumbuh-Tumbuhan
Dunia tumbuh-tumbuhan diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu:
  1. Tumbuhan tidak berpembuluh (Atracheophyta), terdiri dari ganggang makroskopis dan tumbuhan lumut
  2. Tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta), terdiri dari tumbuhan paku dan tumbuhan biji
Pengelompokkan ini berdasarkan ada tidaknya pembuluh pengangkut pada tumbuhan tersebut.

print this pagePrint Halaman Ini

Sistem Saraf pada Manusia

Pengantar

Sistem saraf merupakan salah satu bagian yang menyusun sistem koordinasi yang bertugas menerima rangsangan, menghantarkan rangsangan ke seluruh bagian tubuh, serta memberikan respons terhadap rangsangan tersebut.
Pengaturan penerima rangsangan dilakukan oleh alat indera, pengolah rangsangan dilakukan oleh saraf pusat yang kemudian meneruskan untuk menanggapi rangsangan yang datang dilakukan oleh sistem saraf dan alat indera.
Rangsangan dapat berasal dari luar tubuh (eksternal) misalnya suara, cahaya, bau, panas, dingin, manis, pahit dan sebagainya. Sedangkan rangsangan yang berasal dari dalam tubuh disebut juga rangsangan internal, misalnya rasa haus, lapar, dan nyeri.

print this pagePrint Halaman Ini

Sistem Pencernaan pada Manusia

Fungsi Sistem Pencernaan
Setiap manusia memerlukan makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Sari makanan dapat diangkut oleh darah dalam bentuk molekul-molekul yang kecil dan sederhana. Oleh karenanya, makanan yang dimakan dihancurkan terlebih dahulu sebelum diangkut. Proses ini disebut proses pencernaan. Pencernaan dilakukan oleh sistem pencernaan. Sistem pencernaan meliputi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan merupakan alat yang dilalui makanan seperti mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Saluran pencernaan berfungsi memecahkan makanan yang besar menjadi berukuran lebih kecil dan halus. Kerja saluran pencernaan dibantu dengan adanya enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan.






print this pagePrint Halaman Ini
Next Previous home
DAFTAR ISI

Follower

Jadwal Sholat

Blog Archive

Copyright © 2010 MTs Al-Falah Jatinangor All rights reserved.
Abahvsan by MTs Al-Falah . Blogger Template by Anshul Dudeja